July 18, 2024

Tips Menjadi Pemandu Wisata dan Skill Yang Diperlukan

Pemandu wisata atau kerap disebut tour guide merupakan profesi di bidang pariwisata. Pemandu wisata bertanggung jawab mendampingi wisatawan dan memberikan petunjuk serta bimbingan kepada wisatawan yang mungkin kalian butuhkan dan bisa didapatkan disini.

Tugas dan Tips Menjadi Seorang Pemandu Wisata Profesional

4 min read

Tugas dan Tips Menjadi Seorang Pemandu Wisata Profesional – Untuk menjadi seorang Pemandu Wisata Profesional, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan terapkan. Anda mungkin lebih mengenal profesi ini dengan nama Tour Guide, yang merupakan perantara antara pihak tour & travel dengan wisatawan.

Tugas utama Tour Guide adalah memandu wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata serta memberikan pengalaman berwisata mengesankan dan menyenangkan. Karena menjadi seorang pemandu, maka seorang Tour Guide harus memiliki kualitas profesional. Barulah mereka dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Tugas dan Tips Menjadi Seorang Pemandu Wisata Profesional

Tips Menjadi Seorang Pemandu Wisata Profesional

Tugas dan Tips Menjadi Seorang Pemandu Wisata Profesional – Tour Guide adalah seseorang yang berlisensi dan bertugas supaya dapat memandu wisatawan selama liburan wisata mereka. Selain itu, seorang tour guide atau pemandu wisata ini memiliki tugas untuk memberitahukan detail dari suatu tempat wisata serta menjalankan serangkaian tour lengkap dengan informasi detail mengenai tempat wisata tersebut.

Tour guide ini merujuk kepada layanan jasa yang dibayar oleh para wisatawan untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama perjalanan wisatanya. Biasanya, seorang tour guide ini berasal dari kalangan penduduk lokal yang sudah mengenal setiap tempat di wilayahnya dengan baik.

Umumnya, pengelola jasa tour guide ini menawarkan sejumlah pilihan waktu sewa untuk waktu tertentu saja, harian bahkan mingguan. Hal ini tentu tergantung pada berapa lama waktu yang wisatawan gunakan untuk berlibur serta seberapa banyak informasi yang Anda miliki tentang tempat yang akan Anda kunjungi itu sendiri. Selain itu, waktu penyewaan ini bisa juga menyesuaikan dengan gaya liburan masing-masing wisatawan yang tentunya berbeda-beda.

Oleh karena itu, menjadi seorang pemandu wisata harus memiliki ilmu dan kualifikasi yang memadai agar bisa menjalankan tugas dengan profesional. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang tour guide profesional, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Kuasai Pengetahuan Seputar Destinasi dengan Baik

Untuk menjadi seorang tour guide profesional, Anda tentu harus memiliki atau menguasai pengetahuan yang baik seputar destinasi wisata. Pelajari sebanyak mungkin tentang sejarah, fasilitas, budaya dan keunikan dari tempat wisata sesuai dengan layanan Anda.

Pastikan Anda tetap update dengan informasi-informasi terbaru terkait destinasi wisata tersebut. Barulah saat menjalankan tugas, Anda bisa memberikan informasi yang Anda kuasai atau menjawab pertanyaan wisatawan yang ingin tahu lebih dalam seputar destinasi tersebut.

2. Pastikan untuk Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Karena nantinya Anda akan berinteraksi dengan banyak wisatawan dari berbagai daerah, sebagai pemandu wisata profesional Anda tentu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pelajari tata bahasa yang baik dan tidak berbelit-belit agar wisatawan dapat memahami apa yang Anda bicarakan.

Selain itu, berbicara dengan jelas dan lugas serta berani berbicara di depan umum, sangatlah penting untuk seorang pemandu wisata. Jika Anda bersama wisatawan mancanegara gunakan bahasa asing yang sesuai atau bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dimengerti banyak orang.

3. Ceritakan Seputar Destinasi dengan Menarik

Selain memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda juga bisa menciptakan cerita menarik seputar destinasi wisata yang Anda pandu. Buatlah cerita yang Anda sampaikan singkat dan padat agar wisatawan lebih mengerti. Sisipkan anekdot, fakta menarik atau legenda seputar destinasi untuk membuat perjalanan wisata yang lebih hidup dan berkesan untuk wisatawan.

4. Ramah dan Responsif

Tips menjadi seorang pemandu wisata profesional berikutnya adalah bersikap ramah serta responsif. Cobalah untuk berinteraksi dengan ramah dan profesional kepada setiap wisatawan tanpa memandang apapun. Selain itu, upayakan untuk senantiasa menjaga etika dan sopan santun dalam segala situasi selama perjalanan wisata berlangsung.

Selain itu, Anda tentu akan dihadapkan dengan situasi maupun wisatawan yang berbeda-beda. Kemampuan respon yang cepat dapat membantu dalam mengatasi perubahan rencana atau kendala tertentu secara efektif.

5. Berikan Informasi yang Akurat Seputar Destinasi

Jangan pernah membuat-buat informasi yang akan Anda sampaikan kepada wisatawan. Jika tidak tahu katakan saja Anda memang tidak tau dari jawaban atas pertanyaan yang mereka berikan dengan sopan. Anda bisa mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut nanti agar kedepannya jika ada wisatawan dengan pertanyaan yang sama, Anda sudah bisa menjelaskannya.

Tugas Seorang Pemandu Wisata

Setelah mengetahui berbagai tips untuk menjadi pemandu wisata yang profesional, Anda juga harus tahu tugas-tugas apa saja yang harus Anda lakukan. Umumnya, seorang tour guide memiliki beberapa tugas penting untuk dilakukan agar wisatawan yang menyewa memiliki pengalaman berlibur yang puas dan mengesankan.

Berikut ini adalah 5 contoh tugas dari seorang tour guide profesional:

  • Mempelajari informasi seputar destinasi. Seorang pemandu wisata harus memiliki pengetahuan yang lebih baik agar bisa menyampaikannya kepada wisatawan. Biasanya, seorang pemandu wisata akan menjalani kelas atau pelatihan profesional untuk ini.
  • Menyambut wisatawan. Pemandu wisata juga harus menyambut wisatawannya agar mereka memperoleh kesan pertama yang baik sebelum menjalani perjalanan wisata. Semakin baik jika seorang tour guide melakukan perkenalan umum dan penyambutan khas daerah tersebut agar semakin terhubung dengan wisatawan.
  • Memandu dan memberikan informasi seputar destinasi. Pastikan untuk memandu wisatawan sambil memberikan informasi yang diperlukan wisatawan selama perjalanan wisata mereka.
  • Menerjemahkan. Tugas ini berlaku bagi para wisatawan yang mungkin berasal dari luar daerah atau bahkan luar negeri.
  • Menjadwalkan kegiatan. Seorang tour guide juga harus menjadwalkan setiap kegiatan yang akan dijalankan dengan para wisatawan dari awal hingga akhir.

Penutup:

Menjadi seorang pemandu wisata profesional sebenarnya susah-susah gampang. Ada beberapa kualifikasi dan tugas yang harus Anda penuhi untuk bisa memberikan pelayanan wisata yang memuaskan dan berkesan. Dengan beberapa tips tersebut Anda bisa menjalankan profesi ini dengan baik untuk memberikan pengalaman berwisata yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.